ANDRIANI LUSI, 205020069 (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X DI SMA NASIONAL BANDUNG (Studi Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Nasional Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (29kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (155kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (928kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (461kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum diberikan perlakuan dengan pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz, (ii) mengetahui hasil belajar peserta didik sesudah diberikan perlakuan dengan pengaruh model problem based learning (PBL) berbantuan aplikasi quizizz, (iii) mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan pengaruh model problem based learning berbantuan aplikasi quizizz. Penelitian menggunakan Eksperimen Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 2 jumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan peserta didik X IPA 3 dengan jumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yakni soal pretest-posttest sebanyak 35 soal. Hasil penelitian menunjukan : (i) terdapat hasil belajar sebelum diberi perlakuan pada kelas eksperimen dengan hasil pretest dengan nilai rata-rata 54,16 sedangkan pada kelas kontrol dengan hasil pretest dengan nilai rata-rata 51,63, (ii) terdapat perbedaan hasil belajar sesudah diberikan perlakuan melalui skor posttest yang lebih besar besar dibandingkan dengan nilai pretest hasil perhitungan pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 81,26 sedangkan nilai rata-rata dikelas kontrol sebesar 67,70, (iii) dari hasil menunjukan perbedaan kelas eksperimen dan kelas kontrol taraf signifikan 5% diperoleh t hitung (7,36) > t table (1,6694). Kesimpulan bahwa model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas X IPA 2 tahun ajaran 2023/2024 di SMA Nasional. Peneliti merekomendasikan model Problem Based Learning berbantuan aplikasi quizizz sebaiknya dijadikan salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran ekonomi. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada peserta didik yaitu dapat belajar berkelompok dengan baik, saran kepada guru meningkatkan proses pembelajaran di sekolah, dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk mengkaji model Problem Based Learning lebih dalam lagi. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Aplikasi Quizizz, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 06:58 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 06:58 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |