SAUSAN CHINDY FARAH, 215020051 (2025) PENGARUH PARTISIPASI DAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Survei Kelas X Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA PGRI 1 Bandung Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
![]() |
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (129kB) |
![]() |
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (978kB) |
![]() |
Text
ABSTARK.pdf Download (242kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (455kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (793kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh partisipasi terhadap hasil belajar; pengaruh minat belajar dalam pembelajaran terhadap hasil belajar; serta besar pengaruh partisipasi dan minat belajar dalam pembelajaran terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA PGRI 1 Bandung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Jumlah responden sebanyak 212 siswa dan sampel sebanyak 139 siswa kelas X di SMA PGRI 1 Bandung. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran soal, uji daya pembeda, uji normalitas, uji multikolinearitas, analisis regresi ganda dan uji hipotesis. Hal ini terbukti dari hasil bahwa 1) Partisipasi berpengaruh terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel dengan nilai 7,965>1,97756 artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima; 2) Minat belajar dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai 9,711>1,97756 artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima; 3) Partisipasi dan minat belajar dalam pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA PGRI 1 Bandung yang dibuktikan dengan nilai 56,297>3,06 artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai koefisien determinasi (R Square/r2) sebesar 0,453 atau 45,3% sedangkan 54,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini dan dapat disimpulkan bahwa partisipasi dan minat belajar dalam pembelajaran memiliki pengaruh yang cukup kuat terhadap hasil belajar. Akhir dari penelitian, penulis menyampaikan saran: 1) bagi pemangku kebijakan sekolah dapat meningkatkan fasilitas serta teknologi pendukung guna mendukung partisipasi siswa, 2) bagi guru mengadopsi metode pembelajaran interaktif yang relevan untuk meningkatkan minat belajar siswa, 3) bagi penelitian selanjutnya dapat mengembangkan variabel-variabel baru yang tidak selaras atau variabel yang belum diteliti serta mencakup berbagai sekolah dan jenjang kelas yang berbeda guna memperoleh perspektif yang lebih luas dan mendalam serta menghasilkan temuan yang lebih kuat dan komprehensif. Kata kunci: Partisipasi, Minat Belajar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2025 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 07:55 |
Last Modified: | 21 Feb 2025 07:55 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74660 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |