KIRANA MUHAMMAD ILHAM SYAH, 205060209 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP BERFIKIR KRITIS SISWA PADA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cilegon IV Kota Cilegon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana pengaruh model make a match terhadap peserta didik dikelas IV SD. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik di kelas IV SDN Cilegon IV yang kurang optimal dalam menguasai kemampuan berpikir kritis yang baik di dalam pembelajaran dikarenakan guru kerap menggunakan metode konvensional dan kurangnya inovasi, dengan menggunakan model-model pembelajaran yang lain khususnya dengan model make a match belum pernah dilaksanakan di sekolah tersebut. Aspek yang menunjang dalam penerapan pembelajaran model Make A Match di penelitian ini menggunakan indikator analisis, evaluasi dan penyimpulan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe one-group test. Sampel yang dipilih hanya satu tingkat saja yaitu di kelas IV. Teknik pengumpulan data menggunakan tes terdiri dari pretest, posttest, observasi , dan dokumentasi. Analisis data menggunakan ujit berdasarkan nilai pretest dan posttest dari kelas eksperimen. Pengolahan data dilakukan melalui aplikasi IBM SPSS versi 26 untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis diawal dan diakhir pembelajaran di kelas IV dengan uji normalitas yang diperoleh sebesar 0.066 untuk hasil pretest dan 0.075 untuk hasil posttest, uji homogenitas didapatkan sebesar 0.273, uji independent t-test didapatkan senilai 0.005, serta uji N-gain sebesar 0.5220 dengan klasifikasi sedang untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis melalui penggunaan model make a match terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV di SDN Cilegon IV. Pembelajaran dengan menggunakan model permbelajaran Make A Match pada kelas eksperimern perserta didik berlangsung lebih aktif dan pembelajaran terkesan menyenangkan yang kemudian dapat menumbuhkan pengetahuan lebih dalam, mengasah berfikir kritis, serta membangkitkan motivasi perserta didik untuk ikut berpartisipasi dalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah terdapat Pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan menggunakan model permbelajaran Make A Match pada berfikir kritis perserta didik di kelas IV. Kata kunci: Make a Match, Berfikir Kritis
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 19 Dec 2024 04:33 |
Last Modified: | 19 Dec 2024 04:33 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74564 |
Actions (login required)
View Item |