NUNUN HERAWATI, 115060093 (2016) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SDN KORDON I PADA MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA HEWAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
1. COVER.docx Download (114kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
3. MOTTO.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.docx Download (14kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (52kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (751kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (13kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa, dikarenakan dalam proses pembelajaran IPA masih menggunakan metode tradisional dan siswa kurang dilibatkan secara aktif, sehingga menimbulkan kebosanan. Penelitian ini ditujukan pada penggunaan model problem based learning yang bisa digunakan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA terutama pada materi perkembangbiakan pada hewan. Tujuan penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA terutama pada materi perkembangbiakan pada hewan. Manfaat penelitian ini adalah agar dapat menambah keilmuan dan diharapkan dapat bermanfaat bagi guru, siswa, penulis dan lembaga. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus, subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDN Kordon I yang berjumlah 36 orang. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukan peningkatan secara signifikan mulai dari siklus I rasa ingin tahu siswa mencapai 45% dan hasil belajar siswa mencapai 67%. Sedangkan pada siklus II rasa ingin tahu siswa mencapai 81,25% dan hasil belajar siswa mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model problem based learning mampu meningkatkan rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA khususnya materi perkembangbiakan pada hewan. Dengan demikian, penerapan model problem based learning dapat dijadikan sebagai alternatif model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Rasa Ingin Tahu, Hasil Belajar, Pembelajaran IPA, Model Problem Based Learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 15:38 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 15:38 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7435 |
Actions (login required)
View Item |