PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS VI SDN KARAPIAK 01 RANCAEKEK

Fadillah Aldi Baharudin, 185060143 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PPKN KELAS VI SDN KARAPIAK 01 RANCAEKEK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh, hasil belajar peserta didik masih rendah. Selain itu, peneliti melihat tidak ada model mengajar yang gunakan dalam proses belajar dan dapat dikatakan guru hanya menggunakan metode konvensional. Setelah menjelaskan guru menyuruh peserta didik untuk mencatat materi pelajaran dan mempersilahkan peserta didik bertanya. oleh sebab itu, pembelajaran menjadi monoton, tidak efektif dan hanya guru yang dominan berperan aktif dan peserta didik dominan pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Sehingga rendah nya hasil belajar siswa mata pelajaran PPKN adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang di berlakukan konvensional atau pelakuan model Contextual Teaching And Learning (CTL) penelitian yang di gunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain penelitian yang di gunakan ialah nonequivalent group posttest only design sempel penelitian ini peserta didik kelas Vl Sdn karapiak 01 tdari satu kelas yang berjumlah 30 orang dan melakukan tes yang di perlakuan dan tidak perlakuan menggunakan posstest dan pretest baik sebelum perlakuan dan sesudah, setelah tes hasil di dapatkan ,peneliti melakukan analisis datadan menujukan bahwa rata rata posstest pada kelas eksperimen lebih tinggi deibandingkan kelas kontrol selain itu dilakukan tes dengan bantuan SPSS 23 yang di dapatkan sig ( 2 talled ) posstest eksperiment rata rata 74,20 dan kontrol 57,67 hal ini bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran ppkn menggunakan model Contextual teaching and learning (ctl) Kata Kunci: Pembelajaran CTL, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Dec 2024 03:09
Last Modified: 04 Dec 2024 03:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74345

Actions (login required)

View Item View Item