PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN CIKUJANG

WAHYU DEDE NUR, 205060093 (2024) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS V SDN CIKUJANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER (1).pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentung nya hasil belajar dalam pembelajaran matematika pada kelas V di SDN Cikujang Kabupaten Subang tahun ajaran 2024/2025. Sehingga peserta didik mampu untuk menyelesaikan permasalahan IPS ini memiliki hubungan erat dengan bidang ilmu yang lain, serta memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Dari hasil observasi awal yang telah peneliti lakukan menunjukkan bahwa pembelajaran matematika peserta didik ini rendah. Oleh karena itu, Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang berjudul “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas V SDN Cikujang”. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Cikujang Kabupaten Subang sebanyak 56 peserta didik. Sampel dari penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas V A 28 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebanyak 28 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar dalam pembelajaran IPS kelas V nilai rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 46,07 , posttest kelas eksperimen nilai posttest yaitu 72,68. Untuk kelas kontrol rata-rata nilai pretest 24.79 nilai posttest yaitu 42.50. uji normalitas sebelum dan sesudah (pretest dan posttest) pada kelas eksperimen dan kontrol diperolah nilai Shapiro-Wilk pada pretest kelas eksperimen yaitu 0,033 lalu pada posttest kelas eksperimen yaitu 0,098. Sedangkan signifikan nilai pretest kelas kelas kontrol 0,018 dan posttest 0,017 maka sesuai dengan kriteria uji atau ketentuan jika nilai signifikan pada Shapiro-Wilk > 0,05 data dikatakan bisa berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas pretest eksperimen dan kontrol sebesar 0,093, dan posttest 0,0978, untuk uji hipotesis yang pertama yaitu untuk mengetahui peningkatan pada kelas eksperimen adalah 50% dan kelas kontrol 20% maka H1 diterima karena hasil menunjukan N-gain pada kelas eksperimen lebih besar. Untuk uji hipotesis kedua menggunakan uji T independent pada preteset dan posttest kelas eksperimen > 0,001 maka Ho ditolak Artinya bahwa variabel independen berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen, dan untuk uji effect sizes pada Point Estimate Cohen's d dengan hasil 0.610 yang diartikan bahwa effect sizes memiliki pengaruh . Kata Kunci: Hasil belajar, Media Audio Visual, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Nov 2024 04:11
Last Modified: 19 Nov 2024 04:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74251

Actions (login required)

View Item View Item