PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Angkasa VIII)

SARI RISHA NOVITA, 205060039 (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Angkasa VIII). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTARK.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif matematis melibatkan penggunaan ide-ide inovatif untuk mencari solusi kreatif terhadap masalah kompleks. Faktanya, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa di Indonesia masih rendah, sebagaimana hasil IEA (International Association for the Evaluation of Educational Achievement) pada 2007 dan 2011, lebih dari 95% siswa Indonesia hanya mencapai tingkat prestasi menengah dalam matematika dan IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk menguji peningkatan kemampuan berpikir kreatif dengan Project Based Learning (PjBL) berbantuan audiovisual di SDN Angkasa VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pencapaian yang signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan PjBL berbantuan audiovisual, sebagaimana dibuktikan oleh hasil uji t (Mann-Whitney) dengan nilai signifikansi sebesar < 1,34, sehingga H0 ditolak. Selain itu, penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan audiovisual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa juga diukur menggunakan uji N-Gain. Hasil uji N-Gain menunjukkan nilai sebesar 0,75, yang masuk dalam kategori tinggi. Mengindikasikan bahwa pembelajaran menggunakan PjBL berbantuan audiovisual tidak hanya efektif tetapi juga sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan Audiovisual dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SD di SDN Angkasa VIII secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Project Based Learning (PjBL), Audiovisual.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Nov 2024 06:24
Last Modified: 01 Nov 2024 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74145

Actions (login required)

View Item View Item