PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR

Istiqomah Rena, 205060171 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (183kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (370kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah hal yang penting bagi setiap peserta didik yang berhak memperoleh harapan untuk berkembang. Oleh karena itu, peneliti menggunakan model pembelajaran kontekstual berbantuan media wordwall yang bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajarannya, mengetahui bagaimana perbedaan pemahaman konsep peserta didik yang diberikan perlakuan model pembelajaran kontekstual dengan yang tidak, serta mengetahui keefektifan model pembelajaran kontekstual terhadap pemahaman konsep matematis pada peserta didik di Sekolah Dasar. Metode penelitian kuantitatif dengan desain control group group design digunakan peneliti untuk menjelaskan hubungan antara variabel-variabel yang diukur. Pada penelitian ini dibentuk dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual dan yang kedua adalah kelompok kontrol, yang diberi pembelajaran biasa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda sebagai alat bantu yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data dalam penelitian dan memastikan kelayakannya untuk diujikan kepada peserta didik. Instrumen penelitian menunjukkan bahwa tes yang dujikan layak untuk digunakan sebagai prestest dan posttest. Dari lembar observasi menunjukkan bahwa gambaran proses model pembelajaran kontekstual berbantuan media wordwall berjalan dengan sangat baik, kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran kontekstual berbantuan media wordwall lebih baik dibandingkan peseta didik yang memperoleh pembelajaran konvensional, serta uji effect size menunjukkan bahwa model pembelajaran kontekstual memiliki efek yang besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis pada peserta didik di Sekolah Dasar. Kata kunci: Model Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep Matematis, Peserta Didik Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:47
Last Modified: 22 Oct 2024 07:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/74053

Actions (login required)

View Item View Item