Badriawati, 115060101 (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MENGHARGAI PENINGGALAN SEJARAH DI KELAS IV SDN GUMURUH 7/9 DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING TIPE PICTURE AND PICTURE. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
cover.docx Download (64kB) |
|
Text
lembar pengesahan sipp.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
MOTO DAN PERSEMBAHAN BADRIAWATI.docx Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI badriawati.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.doc Download (30kB) |
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.docx Download (17kB) |
|
Text
ABSTRAK SUNDA.docx Download (17kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR dan ucpan terima kasih.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (48kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (63kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (111kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
Text
bab V.docx Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Discovery learning tipe picture and picture pada pembelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Gumuruh 7/9 dan dilatar belakangi keadaan siswa yang kurang menunjukkan motivasi belajar siswa kurang dan hasil belajar yang masih banyak di bawah KKM karena guru sering menggunakan metode ceramah yang cenderung monoton dan belum menggunakan model Discovery Learning tipe Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan 2 pertemuan pada setiap siklusnya dan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning tipe Picture and Picture yang terdiri dari 6 fase, yaitu stimulus/pemberian rangsangan, pernyataan/identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, menarik kesimpulan/ generalisasi. Penilaian yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes melalui identifikasi pada gambar untuk mengetahui hasil belajar siswa, penilaian motivasi belajar siswa dan lembar observasi untuk mengetahui kegiatan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari penilaian motivasi belajar siswa dan hasil tes belajar. Pada penilaian aktivitas nilai rata-rata siklus 1 yaitu 4,7 sedangkan siklus 2 mencapai nilai rata-rata 8,7. Hasil belajar siklus 1 nilai rata-rata yaitu 47, dan hasil belajar siklus 2 rata-rata nilai mencapai 87. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan model Discovery Learning tipe Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi menghargai peninggalan sejarah di kelas IV SDN Gumuruh 7/9 kota Bandung. Dengan demikian, penggunaan model Discovery Learning tipe Picture and Picture dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk diterapkan pada pembelajaran IPS dengan pokok bahasan yang lainnya. Kata kunci: Discovery learning tipe picture and picture, motivasi, hasil belajar. Abstrak Ulikan ieu boga tujuan pikeun ngaronjatkeun motivasi jeung learning hasil siswa kalayan ngagunakeun modél Discovery learning tipe gambar jeung gambar dina pangajaran bahan IPS Warisan di Indonesia. Ulikan ieu dilakukeun di kelas IV SDN Gumuruh 7/9 jeung kaayaan latar nunjukkeun siswa anu kurang motivasi diajar hasil diajar siswa anu kurang jeung masih loba dina KKM sabab guru mindeng ngagunakeun métode ceramah anu monoton sarta teu make model tipe Picture and Learning Discovery Picture. Ulikan ieu ngagunakeun Panalungtikan Tindakan Kelas (PTK) ku cara make daur sistem perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, analisis jeung réfléksi. Ulikan ieu dipigawé dina dua siklus nu mibanda 2 rapat dina unggal siklus I jeung nerapkeun modél pangajaran Discovery Gambar Learning and Picture tipe nu diwangun ku 6 fase, nyaéta stimulus / administrasi rangsangan, idéntifikasi pernyataan / masalah, koleksi data, ngolah data, verifikasi, infer / generalisasi. Penilaian dipaké dina pangajaran ieu téhnik tés ngaliwatan idéntifikasi gambar pikeun nangtukeun hasil diajar siswa, assessment siswa diajar motivasi jeung observasi lambaranana nangtukeun kagiatan guru jeung siswa salila prosés pembelajaran. Hasil némbongkeun kanaékan nilai average pengkajian motivasi siswa jeung pangajaran hasil test. Dina taksiran tina aktivitas nilai siklus 1 nu 4,7 siklus 2 nilai rata-rata 8,7. Pangajaran hasil 1st nilai average daur nyaéta 47, jeung nu kadua hasil diajar daur dina nilai average nepi 87. Ieu nunjukeun yen ngagunakeun model Discovery tipe Learning Picture and Picture bisa ngaronjatkeun motivasi jeung learning murid hasil dina studi sosial learning ngahargaan material warisan sajarah di kelas IV SDN Gumuruh 7/9 Bandung. Ku kituna, pamakéan model Discovery tipe Learning Picture and Picture bisa dipaké minangka salah sahiji model pangajaran dilarapkeun ka studi sosial pangajaran jeung mata kuliah séjénna. Related: Discovery pangajaran tipe gambar jeung gambar, motivasi, hasil diajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 02 Aug 2016 12:59 |
Last Modified: | 02 Aug 2016 12:59 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7357 |
Actions (login required)
View Item |