PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI PERMASALAHAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN LAME 2

AIDA NURUL MUSTAPIDAH, 115060159 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MATERI PERMASALAHAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN LAME 2. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
COVER SKRIPSI.docx

Download (56kB)
[img] Text
lembar pengesahan skripsi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
MOTTO DAN PERSEMBAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
ABSTRACT.docx

Download (18kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMA KASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (2MB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (20kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP baru.docx
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPS dengan materi permasalahan sosial untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang dilakukan di kelas IV SDN Lame 2 kecamatan leuwimunding kabupaten majalengka pada pokok materi permasalahan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang permasalahannya muncul dari dalam kelas tersebut. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan didapat data bahwa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas IV SDN Lame 2 kecamatan leuwimunding. Ini dibuktikan dengan adanya peningkatan presentase aktivitas dan hasil belajar di setiap siklusnya. Hasil penelitiannya dapat di jelaskan bahwa disetiap siklus peningkatan aktivitas dan hasil belajarnya memperoleh hasil yang berbeda. Peningkatan pada aktivitas belajar siswa dari siklus I 41,7%, siklus II 62,5% dan siklus III 83,4%. Jadi aktivitas siswa di dalam kelas setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa di dalam kelas ternyata meningkat dari setiap siklus dengan di buktikannya melalui hasil tes di atas, setiap siklus terlihat perubahan nilai siswa yang dapat mencapai KKM. Pada pra siklus nilai siswa masih di bawah rata-rata sehingga belum mencapai KKM yaitu 57,3%. Kemudian pada siklus I sudah mulai memperlihatkan perubahan dari pra siklus yaitu 73%, dan pada siklus II mulai ada peningkatan yang cukup bagus dengan nilai rata-rata 80,65%, dan siklus III hasil belajar siswa meningkat menjadi 85,88%, jadi setiap siklus siswa mengalami perubahan dan dari 24 siswa yang mencapai KKM yaitu 14 orang dan yang belum mencapai KKM yaitu 10 orang. Dengan demikian dilihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan pada setiap siklus pembelajaran IPS dengan materi permasalahan sosial menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Lame 2 kecamatan leuwimunding kabupaten majalengka. Kata Kunci: contextual teaching and learning, aktivitas siswa, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 19:02
Last Modified: 01 Aug 2016 19:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7332

Actions (login required)

View Item View Item