PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJ.AR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN 020 Lengkong Besar)

ALFAREZA SRI IKA ANGGELIA, 205060141 (2024) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJ.AR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPAS (Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN 020 Lengkong Besar). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran IPAS di sekolah dasar cenderung berpusat pada pendidik dan jarang melibatkan peserta didik untuk melakukan percobaan, menggunakan media maupun alat peraga lainnya sehingga keterampilan yang didapatkan oleh peserta didik kurang maksimal. Hal ini menyebabkan pembelajaran di kelas menjadi pasif dan tentunya hal ini dapat mempengaruhi pada hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan dan pengaruh antara kelas konvensional (kelas kontrol) dengan kelas yang diberikan perlakuan berupa pengunaan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi (kelas eksperimen) terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 020 Lengkong Besar pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan menggunakan nonequivalent control group design sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian kedua kelas tersebut memiliki perbedaan yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,050. Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata dari kedua kelas tersebut dilakukan uji Mann Whitney sebagai alternatif dari uji Independent Sample T Test ketika data yang diperoleh tidak berdistribusi dengan normal. Perolehan Mean Rank pada kelas eksperimen sebesar 25,55 dan pada kelas kontrol sebesar 18,15, maka dapat disimpulkan bahwa nilai rerata peringkat pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rerata peringkat kelas kontrol. Selanjutnya pada uji N-gain score pada kelas eksperimen sebesar 62% dan termasuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar dibandingkan dengan model konvensional. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPAS, Pembelajaran Berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 15 Oct 2024 04:12
Last Modified: 15 Oct 2024 04:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72542

Actions (login required)

View Item View Item