PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Utama Mandiri 1 Cimahi pada Muatan Materi Kelipatan dan Faktor)

ANGGRAINI, FITRIA NUR, 205060103 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN MEDIA QUIZIZZ DALAM MENINGKATKAN NUMERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas IV SD Negeri Utama Mandiri 1 Cimahi pada Muatan Materi Kelipatan dan Faktor). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (842kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemampuan numerasi peserta didik yang masih rendah, penyebabnya ialah pembelajaran yang tidak kontekstual, banyak peserta didik yang menganggap bahwa belajar matematika itu sulit untuk dikerjakan serta kurangnya penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dan penggunaan media pembelajaran yang inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui pengaruh peserta didik, (2) mengetahui seberapa besar pengaruh model PBL menggunakan media Quizizz untuk meningkatkan numerasi matematika, dan (3) untuk mengetahui peningkatan numerasi matematika peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain one grup pretest-posttest. Subjek yang digunakan penelitian ini yaitu kelas IV SDN Utama Mandiri 1 Cimahi yang terdiri dari 2 kelas yaitu IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik tes berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh terhadap numerasi peserta didik kelas IV di SDN Utama Mandiri 1 Cimahi. Tentunya dapat dilihat dari analisis data menggunakan IBM SPSS 25, (1) terdapat pengaruh antara model PBL menggunakan media Quizizz dengan model konvensional hal tersebut dapat dilihat melalui nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu dilakukan analisis dengan uji t menunjukan hasil Sig (2-tailed) sebesar 0,017 < 0,05, (2) besar pengaruh penelitian ini sebesar 2,03 dengan interpretasi tinggi, dan (3) terdapat peningkatan numerasi pada kelas eksperimen sebesar 82,73% dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 45,62% dengan kategori sedang. Maka dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL menggunakan media Quzizz dalam meningkatkan numerasi matematika peserta didik. Kata Kunci : Model PBL, Quizizz, Kemampuan Numerasi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Oct 2024 09:30
Last Modified: 14 Oct 2024 09:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72528

Actions (login required)

View Item View Item