SALLIYAH FARADHA SILMI, 205020042 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Kemala Bhayangkari Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar siswa di SMA Kemala Bhayangkari Bandung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Kemala Bhayangkari Bandung tahun ajaran 2023/2024, terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, pretest dan posttest, serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Pada kelas eksperimen perolehan rata-rata nilai pretest sebesar 43,59 dan posttest sebesar 81,72 dengan perbedaan sebesar 38,12. Sedangkan pada kelas kontrol perolehan rata-rata nilai pretest sebesar 45,32 dan posttestsebesar 60,16 dengan perbedaan sebesar 14,83. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya peneliti menggunakan uji effect size dengan hasil 2,68 dapat dikategorikan effect size besar yang artinya penggunaan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan media aplikasi Quizizz memberikan pengaruh besar terhadap hasil belajar siswa. Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran: (i) Bagi kepala sekolah untuk meningkatkan fasilitas penunjang proses belajar siswa, (ii) Bagi guru hendaknya menerapkan model dan media yang beragam dan menarik dalam pelaksanaan pembelajaran, (iii) Bagi siswa diharapkan lebih aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, (iv) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian lebih lanjut pada jenjang pendidikan yang berbeda. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Quizizz, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 07:03 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 07:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72417 |
Actions (login required)
View Item |