PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) (Penelitian Eksperimen Semu SMP Negeri 19 Kota Bandung)

MUNAWAR AHMAD, 195010037 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN CRITICAL THINKING PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PPKn) (Penelitian Eksperimen Semu SMP Negeri 19 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (544kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pemasalahan dalam proses pembelajaran yang kurang dalam inovasi baru untuk meningkatkan critical thinking dan juga bisa memberikan materi ajar yang tidak membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Penggunaan Media Pembelajaran Video YouTube berpengaruh kedalam meningkatkan karakter Critical Thinking peserta didik. Metode yang digunakan peneliti ini yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen semu. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu Penggunaan Media Pebelajaran Video YouTube dan variabel dependen penelitian ini yaitu karakter Critical Thinking peserta didik. Peneliti menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu teknik pengambilan sampel tidak memberi peluang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel dengan jenisnya yaitu purposive sampling. Sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu di kelas VIII G sebagai kelas Ekperimen dan VIII H sebagai kelas kontrol. Peneliti melakukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dengan data meninjau tentang pengaruh dan peningkatan serta pelengkap pretest dan posttest yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan Critical Thinking peserta didik. Lalu, teknik analisis data penelitian menggunakan sebagai penunjang dalam penelitian ini agar penelitian ini dapat lebih konkrit diantaranya adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Regresi Linear Sederhana dan Uji Hipotesis. Dari hasil penelitian ini memiliki respon yang posistif. Berdasarkan hasil regresi linear sederhananya Koefisien regresi X sebesar memberikan pengaruh dengan nilai 0,161 terhadap variabel Y, uji hipotesis yaitu 0,002 < 0,05 dan pada data ini t hitung nya yaitu 3.382 dan t tabel nya rtabel 2.035 t hitung 3.382 > t tabel 2.035 dapat Maka dapat diambil keputusannya berdasarkan Nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka simpulannya bahwa variabel (X) yaitu media pembelajaran YouTube berpengaruh terhadap variabel (Y) yaitu Critical Thinking. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Youtube, Critical Thinking, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 09 Oct 2024 06:21
Last Modified: 09 Oct 2024 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72411

Actions (login required)

View Item View Item