PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS B MAN 1 Kota Bandung)

Rahmah Mutia Audina, 205020072 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Quasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS B MAN 1 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (351kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang timbul yaitu penggunaan model pembelajaran yang monoton, hasil belajar siswa yang kurang mendalam serta kurangnya fokus siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian yaitu siswa kelas XI IPS MAN 1 Kota Bandung, dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes yang terdiri dari pretest dan posttets dan studi dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group. Variabel pada penelitian ini yaitu pengaruh model problem based learning berbantuan mind mapping sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y). hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan yang dibuktikan dengan nilai hasil uji independent sample test < 0,05. Nilai cohen’s d yang dihasilkan sebesar 1,12% dan effect size r sebesar 0,48%. yang dapat diinterpretasikan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan mind mapping berpengaruh besar terhadap hasil belajar. Sebagai akhir penelitian, peneliti menyampaikan saran kepada kepala sekolah yaitu menjadikan hasil penelitian ini sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa, kepada guru yaitu untuk menggunakan model pembelajaran ini dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, kepada siswa untuk senantiasa aktif dalam proses pembelajaran dan kepada peneliti selanjutnya yaitu untuk menjadi bahan referensi untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan topik yang sama pada kelas yang berbeda. Kata Kunci: Model problem based learning, Mind mapping, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Oct 2024 08:39
Last Modified: 08 Oct 2024 08:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72383

Actions (login required)

View Item View Item