IMPLEMENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING (Studi Deskriptif Peserta Didik Kelas XII di MAN 1 Kota Bandung)

SUBAGJA AHMAD IHSAN, 205010015 (2024) IMPLEMENTASI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING (Studi Deskriptif Peserta Didik Kelas XII di MAN 1 Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Keterbatasan kemampuan berpikir kritis peserta didik menjadi isu krusial yang perlu ditangani secara menyeluruh. Sekolah memiliki peran penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Model pembelajaran Inquiry Based Learning (IBL) dapat menjadi salah satu strategi efektif yang dapat diterapkan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran IBL. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah mata pelajaran PKn menggunakan model pembelajaran IBL berdampak pada peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis secara langsung di dalam pembelajaran PKn maupun diluar pembelajaran PKn. Inquiry Based Learning sebagai model pembelajaran mendorong peserta didik untuk mempunyai kemampuan berpikir kritis karenakan peserta didik dituntut untuk menyelidiki secara mandiri. Kendala menggunakan model pembelajaran IBL untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik terdapat pada pemilihan sumber pembelajaran yang diperoleh dari internet tidak semuanya valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk mengatasi kendala tersebut guru membantu membimbing peserta didik mendapatkan sumber yang valid dan tepat. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Mata Pelajaran PKn, Inquiry Based Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 08 Oct 2024 06:15
Last Modified: 08 Oct 2024 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72368

Actions (login required)

View Item View Item