PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V Sekolah Dasar Negeri 057 Bina Harapan Tahun Ajaran 2023/2024)

Wulansari Rachmawati Vitri, 195060030 (2024) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen Kelas V Sekolah Dasar Negeri 057 Bina Harapan Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (997kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas V di SDN 057 Bina Harapan. Hal ini dikarenakan pembelajaran lebih sering berpusat pada guru sehingga peserta didik lebih pasif, kurang percaya diri, malu, dan ragu ketika berbicara di depan kelas, guru belum melakukan eksplor lebih terhadap upaya peningkatan keterampilan berbicara. Peneliti memfokuskan penelitian mengenai penggunaan Model Kooperatif Tipe Talking Stick untuk mengetahui seberapa besar pengaruhnya terhadap keterampilan berbicara peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 057 Bina Harapan tahun ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling pada dua kelas yaitu V-B 28 orang dan V-C 28 seluruhnya berjumlah 56 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berbicara sebelum dilakukan perlakuan (pretest) yaitu 51,14 pada kelas eksperimen (V-C) dan 48,82 pada kelas kontrol (V-B). Sedangkan hasil rata-rata keterampilan berbicara setelah diberikan perlakuan (posttest) yaitu 86,29 pada kelas eksperimen yang menggunakan model kooperatif tipe talking stick dan 71,21 pada kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dari hasil uji effect size dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh model kooperatif tipe talking stick terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas V di SDN 057 Bina Harapan sebesar 1,75 dan dapat dikategorikan sebagai pengaruh yang “tinggi”. Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe Talking Stick, Keterampilan Berbicara, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2024 09:01
Last Modified: 07 Oct 2024 09:01
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72308

Actions (login required)

View Item View Item