Nurhaifa Annisa Fadillah, 195060068 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD (Penelitain Quasi Eksperimen di SDN 067 Nilem Tahun Ajaran 2022/2023). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (504kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (92kB) | Preview |
Abstract
Sekolah selaku lembaga pendidikan dituntut guna mempunyai keterampilan berpikir kreatif (creative thinking), berpikir kritis dan pemecahan masalah (critical thinking and problem solving), berkomunikasi (communication), serta berkolaborasi (collaboration). Rendahnya kapablitias berpikir kritis peserta didik ditinjau berdasarkan perolehan studi hasil survey PISA (Programme for International Student Assesment) di tahun 2022, Indonesia tercatat di peringkat ke-65 melalui skor 383 (OECD, 2023). Usaha guna menaikkan keterampilan berpikir kritis bisa dilaksanakan melaui beragam cara, salah satunya Model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini dilakukan guna mencari tahu berapa besar kapabilitas berpikir kritis peserta didik peserta didik setelah mempergunakan Model Pembelajaran Discovery Learning. Metode yang dipergunakan pada studi ini mempergunakan metode eksperimen semu (kuasi) bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam studi ini ialah kelas IV B dan IV C di SDN 067 Nilem, yang kemudian digunakan dua kelas selaku sampel yakni kelas IV C selaku kelas eksperimen serta kelas IV B kelas kontrol. Hasil dari studi ini yaitu ditemukan dampak pemanfaatan model pembelajaran Discovery Learning kepada berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD. Kesimpulan ini berdasarkan kriteria pengujian memakai signifikansi ≤ 0,05, didapat nilai signifikansi 0,000 ≤ 0,05 mana berlandaskan nilai signifikansi tadi Ho ditolak. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Discovery Learning, Pelajaran IPAS
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 08:54 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 08:54 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72307 |
Actions (login required)
View Item |