PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERMEDIAKAN SYAIR LAGU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI FASE E SMK PASUNDAN 4 BANDUNG

Nawawi, Agung Gunawan, 205030120 (2024) PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK BERMEDIAKAN SYAIR LAGU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI FASE E SMK PASUNDAN 4 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover Agung.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar penguji.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak Agung.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab I Agung.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text
7. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
8. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
9. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena adanya kerendahan tingkat minat peserta didik terhadap karya sastra, khususnya pada materi teks cerita pendek. Faktor utama dalam permasalahan diatas adalah model dan media yang kurang kreatif dan inovatif. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan kemampuan peserta didik dalam menulis cerita pendek bermediakan syair lagu dengan model Discovery Learning; 2) mendeskripsikan bentuk diksi hasil karya peserta didik yang bersumber syair lagu; 3) Mendeskripsikan perbedaan antara kelas Discovery Learning dan kelas Ekspositori dan tan berbantuan syair lagu. Selain itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode eksperimen kuasi dengan menggunakan tes awal, tes akhir, dan kelompok kontrol. Sedangkan untuk data yang dikumpulkan meliputi data prates dan pascates dari peserta didik kelas X MPLB dan X TKJ SMK Pasundan 4 Bandung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek bermediakan syair lagu dengan model Discovery Learning. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata yang didapatkan, yaitu nilai rata-rata prates dari 67,17 meningkat menjadi 86,58 pada hasil pascates. Kata Kunci: Syair Lagu, Discovery Learning, Teks Cerita Pendek

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:59
Last Modified: 07 Oct 2024 07:59
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72298

Actions (login required)

View Item View Item