PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen pada Materi Pendapatan Nasional Kelas XI IPS 1 & IPS 2 Semester Genap di SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

Azzahra, Putri Harbiya,205020044 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Quasi Eksperimen pada Materi Pendapatan Nasional Kelas XI IPS 1 & IPS 2 Semester Genap di SMA Pasundan 3 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (672kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran dan keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas eksperimen dan di kelas kontrol sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran, serta mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa menggunakan model pembelajaran Discovery Learning pada mata pelajaran ekonomi . Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS di SMA Pasundan 3 Bandung, yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan tes dan observasi berperan serta. Berdasarkan hasil penelitian di kelas eksperimen diperoleh nilai pretest sebesar 64,45 dan posttest sebesar 94,76. Sedangkan di kelas kontrol, diperoleh nilai pretest sebesar 64,13 dan posttest sebesar 91,35. Berdasarkan data tersebut, peningkatan signifikan terjadi di kelas eksperimen yaitu 30,31%. Kemudian, pada hasil uji effect size menunjukkan bahwa hasil cohen’s d 0,081344 yang menandakan bahwa model pembelajaran Discovery Learning memiliki pengaruh dalam kategori kecil untuk meningktakan keterampilan berpikir kreatif siswa. Dapat dilihat pula dari hasil uji statistik yang memiliki nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti < 0,05, yang menandakan bahwa hipotesis diterima. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikan saran kepada kepala sekolah agar diharapkan dapat memberikan dukungan dan pengarahan kepada guru disekolah untuk dapat menerapkan model pembelajaran yang lebih bervariasi. Bagi guru diharapkan model pembelajaran discovery learning ini dapat dikembangkan dan diterapkan kembali. Bagi siswa, diharapkan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lebih aktif. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih lanjut di sekolah, kelas dan pada mata pelajaran yang berbeda. Kata Kunci: Model pembelajaran Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2024 07:06
Last Modified: 07 Oct 2024 07:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72285

Actions (login required)

View Item View Item