Agustina Shyntia, 205030020 (2024) PENERAPAN MODEL STUDI BERBASIS PENGALAMAN BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X DI SMA SUMATRA 40 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text
2. Tanda Tangan Penguji dan Pembimbing.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (151kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai masalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam Kurikulum Merdeka setiap capaian pembelajaran menuntut keterampilan menulis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah 68 peserta didik kelas X yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran teks laporan hasil observasi menggunakan model studi berbasis pengalaman dengan berbantuan media realia, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan model problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran studi berbasis pengalaman dengan berbantuan media realia lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi teks laporan hasil observasi dibandingkan dengan metode konvensional. Melalui metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk Quasi Ekperimental Design, Adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model studi berbasis pengalaman. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan model studi berbasis pengalaman dan media realia. 3) kondisi peserta didik setelah diberi model studi berbasis pengalaman dan media realia. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan model studi berbasis pengalaman. Kata Kunci: Teks Laporan Hasil Observasi, Studi Berbasis Pengalaman, Realia
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 06:18 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 06:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72253 |
Actions (login required)
View Item |