PENERAPAN MODEL STUDI BERBASIS PENGALAMAN BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X DI SMA SUMATRA 40 BANDUNG

Agustina Shyntia, 205030020 (2024) PENERAPAN MODEL STUDI BERBASIS PENGALAMAN BERBANTUAN MEDIA REALIA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X DI SMA SUMATRA 40 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Tanda Tangan Penguji dan Pembimbing.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (151kB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai masalah keterampilan menulis teks laporan hasil observasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam Kurikulum Merdeka setiap capaian pembelajaran menuntut keterampilan menulis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain pretest posttest. Sampel penelitian ini adalah 68 peserta didik kelas X yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran teks laporan hasil observasi menggunakan model studi berbasis pengalaman dengan berbantuan media realia, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran teks laporan hasil observasi dengan model problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran studi berbasis pengalaman dengan berbantuan media realia lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi teks laporan hasil observasi dibandingkan dengan metode konvensional. Melalui metode kuantitatif eksperimen dengan bentuk Quasi Ekperimental Design, Adapun hasil penelitian yaitu: 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan model studi berbasis pengalaman. 2) kondisi peserta didik sebelum diberi perlakuan model studi berbasis pengalaman dan media realia. 3) kondisi peserta didik setelah diberi model studi berbasis pengalaman dan media realia. 4) perbedaan kemampuan peserta didik sebelum dan sesudah diberi perlakuan model studi berbasis pengalaman. Kata Kunci: Teks Laporan Hasil Observasi, Studi Berbasis Pengalaman, Realia

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 07 Oct 2024 06:18
Last Modified: 07 Oct 2024 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72253

Actions (login required)

View Item View Item