SARI VEBY PUTRI INDAH PERMATA, 205060162 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas II SDN 161 Sukapura Kota Bandung. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (617kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (519kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara peserta didik kelas II SDN 161 Sukapura Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Flashcard terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas II di SDN 161 Sukapura Kota Bandung. Metode yang digunakan yaitu pendekatan quasi experiment dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh peserta didik kelas II SDN 161 Sukapura Kota Bandung, dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas II-A sebanyak 28 orang sebagai kelas eksperimen, dan kelas II-C sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan non tes, tes yang digunakan berupa pretest dan posttest, sedangkan non tes berupa lembar observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Flashcard memiliki perbedaan keterampilan berbicara dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 50,71, dan rata-rata posttest sebesar 85,54. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh rata-rata pretest sebesar 51,96 dan rata-rata posttest sebesar 78,21. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan nilai N-gain kelas II-A sebesar 0,70 dikategorikan tinggi, sedangkan kelas II-C sebesar 0,50 dikategorikan sedang. Hasil penelitian selanjutnya nilai effect size sebesar 0,81 dengan kategori sedang. Oleh karena itu peneliti dapat menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) berbantuan media Flashcard dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada Sekolah Dasar. Kata Kunci: flashcard, keterampilan berbicara, model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:31 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72228 |
Actions (login required)
View Item |