Az-zahra, Salsabila Rifdanissa (2024) PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN KONSEP SOSTAC PADA MINT BOTTLE COFFEE KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (189kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (393kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (452kB) | Preview |
Abstract
Era society industry 5.0 saat ini pada dunia bisnis telah mengalami dinamika yang sangat cepat dan begitu kompetitif di berbagai sektor. Salah satunya di sektor industri FnB (food and beverage) terutama di bidang beverage, yaitu pada minuman yang berjenis kopi. Salah satu coffee shop yang tengah menghadapi persaingan yang sangat ketat terjadi pada Mint Bottle Coffee. Permasalahan yang terjadi pada coffee shop ini, dikarenakan adanya minat beli konsumen yang kurang dan cenderung berfluktuatif. Terjadinya pembelian yang berfluktuatif dikarenakan Mint Bottle Coffee hanya mengandalkan pemasaran secara konvensional yaitu melalui WOM (Word of Mouth). Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti tertarik melakukan penelitian yang bertujuan untuk merencanakan strategi pemasaran yang efektif pada Mint Bottle Coffe menggunakan konsep Marketing Mix 7P dan metode SOSTAC (Situation Analysist, Objective, tactics, Action, dan Control) yang dikemukakan oleh PR.Smith. Dengan metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis pendekatan kualitatif dasar/deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara,observasi, dan studi literatur serta teknik analisis data menggunakan konsep SOSTAC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mint Bottle Coffee telah menerapkan pendekatan strategi marketing mix 7P. Dalam hal ini Mint Bottle Coffee menawarkan produk minuman yang memiliki kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau dan produknya mudah di dapatkan akan tetapi untuk aspek promosi dari Mint Bottle Coffee belum optimal dilakukan dan letak lokasi tempat yang masih kurang secara visibilitas. Kemudian, setelah dilakukan perancangan strategi pemasaran menggunakan konsep SOSTAC menujukkan keberhasilan dalam menjangkau objcetive yang telah ditetapkan, Hal ini dapat dibuktikan dari hasil indikator yang terdapat di KPI (key perfomance indicator) meningkat yang mana hal ini sejalan dengan hasil penelitian (pradiani,2018) yang terbukti efektif sebagai alat media promosi. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Marketing Mix 7P, SOSTAC
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2024 |
Depositing User: | Drs Iwan Ridwan |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 03:00 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 03:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72223 |
Actions (login required)
View Item |