Naluritha, Talitha Intan, 205060071 (2024) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI BUDAYA DEMOKRASI (Quasi eksperimen pada siswa kelas 6 di SDN Pasirlayung 03). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan talita.pdf Download (630kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (215kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (772kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
Abstract
Siswa kelas VI SDN Pasirlayung 03 menjadi subjek penelitian yang mengkaji pengaruh paradigma pembelajaran kooperatif seperti Team Games Tournament (TGT). tentang budaya demokrasi. Ketidaktertarikan siswa dan kinerja buruk dalam penilaian konten terkait budaya demokrasi menginspirasi penyelidikan ini. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik siswa SDN Pasirlayung 03 dalam mengingat informasi tentang budaya demokrasi dengan menggunakan metodologi pembelajaran kooperatif berbasis Team Games Tournamen menjadi pendorong penelitian ini.Bersifat eksperimental, penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan analisis deskriptif berdasarkan Quasi eksperimen. Partisipan dalam penelitian ini adalah 64 siswa kelas VI SDN Pasirlayung 03. Dalam prosedur pemilihan acak, Kelas 6A dan 6B masing-masing ditugaskan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode dan alat berbasis penelitian digunakan untuk menilai hasil proses pembelajaran. Sebelum dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t, data terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian ini, hasil belajar siswa pada soal tes yang diberikan sebagai instrument, menunjukkan bahwa hasil belajar dapat ditingkatkan dengan mengajarkan budaya demokrasi dengan menggunakan model yang menyerupai permainan tim. Temuan uji t menunjukkan tingkat signifikansi 0,037 > 0,05. Pembelajaran transformatif (TGT) meningkatkan pengetahuan siswa kelas enam tentang masyarakat demokratis, menurut penelitian. Perusahaan Tingkat Ketiga SDN Pasirlayung Kata Kunci : Hasil Belajar, Team Games Tournament, Budaya Demokrasi
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 07 Oct 2024 02:02 |
Last Modified: | 07 Oct 2024 02:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72206 |
Actions (login required)
View Item |