INOVASI PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN APLIKASI DIGITAL BTN MOBILE BANKING PADA BANK TABUNGAN NEGARA KOTA BOGOR

Hakim, Ghifari Rachman (2024) INOVASI PELAYANAN PUBLIK MENGGUNAKAN APLIKASI DIGITAL BTN MOBILE BANKING PADA BANK TABUNGAN NEGARA KOTA BOGOR. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Bab1 gipar.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
kata pengantar gipar.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lember sah gipar.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi gipar.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka gipar.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ringkesan gipar_Combine.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2 gipar.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover gifar.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Inovasi Pelayanan Publik Menggunakan Aplikasi Digital BTN Mobile Banking Pada Bank Tabungan Negara Kota Bogor merupakan langkah strategis untuk meningkatkan aksesibilitas dan efisiensi layanan keuangan bagi masyarakat. Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah nasabah dalam mengelola transaksi perbankan secara digital tanpa harus mengunjungi kantor cabang. BTN Mobile Banking menghadirkan berbagai fitur seperti transfer dana, pembayaran tagihan, pembelian produk digital, dan informasi saldo secara real-time. Inovasi ini tidak hanya mendukung inklusi keuangan, tetapi juga membantu percepatan transformasi digital di sektor perbankan. Dengan mengutamakan kenyamanan, keamanan, dan kecepatan transaksi. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menjelaskan secara terperinci terkait dengan inovasi pelayanan publik menggunakan aplikasi digital BTN Mobile Banking, dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Tolak ukur guna mengetahui sejauh mana inovasi pelayanan publik menggunakan aplikasi digital BTN Mobile Banking peneliti mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Diffusion of innovation edisi 5 Menurut Yogi Suwarno (2016) dengan dimensi: Relative Advantage, Compability, Complexity, Triability, Observability. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan inovasi pelayanan publik aplikasi digital BTN Mobile Banking sudah cukup berjalan dengan baik namun belum maksimal. Hambatan dari inovasi tersebut mengenai perihal nasabah saat menggunakan aplikasi BTN Mobile Banking menyatakan bahwa sering terjadinya close app atau force close seperti saat menggunakan aplikasi BTN Mobile Banking secara sistem langsung keluar aplikasi dengan sendirinya, dan transfer saldo yang hilang seperti transfer terkirim namun saldo sudah kepotong. Nasabah pun merasakan hal seperti ini membuat tidak nyaman saat menggunakan aplikasi tersebut. Kata Kunci: Inovasi Pelayanan Publik, Mobile Banking

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 05 Oct 2024 05:06
Last Modified: 05 Oct 2024 05:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72179

Actions (login required)

View Item View Item