PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Febiyanti Mitha Fera, 205060191 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAAN.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf

Download (155kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SD Negeri Linggar 1, serta masih perlu adanya inovasi baru dalam kegiatan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh maupun peningkatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media YouTube di SD Negeri Linggar 1. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas IV-A (Kelas Eksperimen) berjumlah 22 peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media YouTube dan kelas IV-B (Kelas Kontrol) berjumlah 22 peserta didik yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan pretest postest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji effect size dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian data yang diolah berdistribusi normal, lalu nilai signifikan  0.05 maka data bersifat homogen, nilai effect size tersebut berada pada interpretasi effect besar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media YouTube terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:08
Last Modified: 04 Oct 2024 07:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72103

Actions (login required)

View Item View Item