Febiyanti Mitha Fera, 205060191 (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAAN.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (333kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (618kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
Text
DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik di SD Negeri Linggar 1, serta masih perlu adanya inovasi baru dalam kegiatan pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh maupun peningkatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media YouTube di SD Negeri Linggar 1. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah kelas IV-A (Kelas Eksperimen) berjumlah 22 peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media YouTube dan kelas IV-B (Kelas Kontrol) berjumlah 22 peserta didik yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan pretest postest. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji effect size dan uji gain. Berdasarkan hasil penelitian data yang diolah berdistribusi normal, lalu nilai signifikan 0.05 maka data bersifat homogen, nilai effect size tersebut berada pada interpretasi effect besar. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dan peningkatan menggunakan model Problem Based Learning berbantuan media YouTube terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 07:08 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 07:08 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72103 |
Actions (login required)
View Item |