Erna Mastikah, 115060244 (2016) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN MEKARJAYA DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
COVER.docx Download (19kB) |
|
Text
kata pengantar.docx Download (144kB) |
|
Text
DAFTAR ISI revisi.docx Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
|
Text
BAB I awal.docx Download (17kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (43kB) |
|
Text
BAB II AWAL.docx Download (13kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (56kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
BAB IV.docx Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA bab 2.docx Download (12kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan motuvasi dan prestasi siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaandi sekolah dasar khususnya kelas V. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan masalah dalam kegiatan observasi di kelas V SDN Mekarjaya Indramayu yang menggambarkan kurangnya motivasi dalam pembelajaran sehari-hari yang menimbulkan peserta didik menjadi lebih cepat bosan dalam pembelajaran hingga berujung pada kurangnya prestasi belajar yang sesuai dengan Kriteria Kelulusan Minimal (KKM). Penulis menggunakan media Audio Visual dengan harapan tercapainya peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa sebagai imbasnya. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN Mekarjaya Indramayu yang berjumlah 27peserta didik.Alat pengumpul data berupa soal pretes dan postes yang berkaitan dengan materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan serta Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada percobaan Diskusi, serta angket.Penghitungan data dilakukan dengan menghitung hasil tes dan nilai afektif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Audio Visual memiliki rata-rata hasil belajar 69,82dengan ketuntasan peserta didik59,26% pada siklus I, selanjutnya rata-rata 80,00 dengan ketuntasan peserta didik 85,19% pada siklus II. Prestasi yang dinilai adalah kegiatanmelihat, mendengar, menulis, melakukan diskusi, kegiatan oral, kegiatan emosional, dan kegiatan mental. Hasil pembelajaran rata-rata sudah terbilang tuntas pada siklus II karena sudah mencapai lebih dari 75% nilai standar ketuntasan, dan juga prestasipeserta didik meningkat dari 59,26% di siklus I menjadi 85,19% di siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media Audio Visualmampu meningkatkanmotivasi dan prestasi siswa.Dengan demikian penggunaan media pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatifmedia pembelajaran untuk diterapkan pada materi-materi selanjutnya di kurikulum KTSP. Kata Kunci :MediaAudio Visual, Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Motivasi belajar, Prestasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 01 Aug 2016 15:11 |
Last Modified: | 01 Aug 2016 15:11 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7210 |
Actions (login required)
View Item |