PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Puspita Meyra Dellya, 205060049 (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Abstract.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Ringkesan.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. Bab II.pdf

Download (869kB) | Preview
[img] Text
11. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
12. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] Text
13. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
14. Daftar Pustaka.pdf

Download (165kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang sebagai berikut diantaranya adalah rendahnya hasil kemampuan numerasi matematika peserta didik kelas 3 SDN Margahayu 04 dikarenakan peserta didik menganggap pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kemampuan numerasi matematika peserta didik dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model project based learning berbantuan wordwall. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan wordwall terhadap peningkatan kemampuan numerasi matematika peserta didik kelas 3 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas 3 SDN Margahayu 04 sebannyak 56 peserta didik, yaitu 28 peserta didik di antaranya dari kelas III-A dan kelas III-B. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas III-A sebagai kelas kontrol yang menggunakan model konvensional dan kelas III-B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model project based learning berbantuan wordwall. Berdasarkan hasil penelitian menujukkan bahwa gambaran proses pembelajaran sudah sesuai dengan model yang digunakan yaitu, model project based learning berbantuan wordwall, terlihat pula adanya perbedaan peningkatan kemampuan numerasi matematika peserta didik yang menggunakan model project based learning berbantuan wordwall lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan model konvensional, serta pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan wordwall terhadap meningkatakan kemampuan numerasi matematika peserta didik sangat berpengaruh besar terlihat dari rata-rata hasil posttest dan hasil effect size. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan peningkatan dan pengaruh antara kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning berbantuan wordwall dibandingkan dengan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: model project based learning , wordwall, kemampuan numerasi matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:55
Last Modified: 04 Oct 2024 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72070

Actions (login required)

View Item View Item