UPAYA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EKSPOR VANILI KE AMERIKA SERIKAT

PUTRA, RYAN FARRASSYAH (2024) UPAYA INDONESIA DALAM MENINGKATKAN EKSPOR VANILI KE AMERIKA SERIKAT. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
KATA PENGANTAR (2).docx

Download (47kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PENGESAHAN 2.docx

Download (44kB)
[img] Text
DAFTAR ISI (1).docx

Download (51kB)
[img] Text
Cover.docx

Download (157kB)
[img] Text
RINGKESAN.docx

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).docx

Download (66kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).docx

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRACT (1).docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB I .docx

Download (85kB)
[img] Text
BAB II (1).docx

Download (103kB)

Abstract

Indonesia menjadi salah satu produsen dan eksportir komoditas vanili terbesar di dunia. Penggunaannya yang terus meningkat pada berbagai bidang industri seperti makanan, minuman, industri farmasi, dan kosmetik menjadikan vanili sebagai salah satu komoditas penting dalam perdagangan internasional. Amerika Serikat sebagai salah satu negara dengan tingkat konsumsi vanili terbesar menjadi pasar potensial dalam perdagangan vanili Indonesia. Dalam rentang tahun 2016 hingga 2022 perdagangan komoditas vanili Indonesia ke Amerika Serikat mengalami fluktuasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana upaya Indonesia dalam meningkatkan ekspor vanili ke pasar Amerika Serikat. Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif dan bersifat deskriptif dengan kerangka konseptual yakni kepentingan nasional dan diplomasi komersial untuk membantu peneliti dalam menjelaskan bagaimana upaya internal dan eksternal yang dilakukan Indonesia dalam meningkatkan ekspor vanili ke Amerika Serikat pada periode 2016 hingga 2022. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa berbagai upaya telah dilakukan Indonesia dalam meningkatkan ekspor vanili ke Amerika Serikat yaitu dengan upaya internal yang meliputi perbaikan kualitas dan meningkatkan produksi vanili Indonesia. Indonesia juga melakukan diplomasi komersial dengan mengikuti pameran internasional sebagai upaya communication, memfasilitasi, mengagendakan pertemuan, serta bersinergi dengan stakeholder terkait sebagai upaya co-ordination, intelligence yakni mencari informasi pasar yang sesuai dengan kebutuhan dan hasil produksi, dan melakukan pertemuan business to business sebagai upaya referral. Upaya-upaya tersebut cukup efektif apabilla dlihat dari tujuan jangka pendek menaikan volume ekspor. Namun, peningkatan ekspor yang tidak signifikan. Kemudian, tidak ada jaminan bahwa ekspor akan stabil atau bahkan meningkat setiap tahunnya karena belum adanya MoU. Upaya peningkatan ekspor vanili ke AS dilakukan dalam rangka kepentingan ekonomi nasional. Sebagai negara agraris, vanili merupakan salah satu komoditas andalan ekspor. Tantangan yang yang dihadapi dalam ekspor vanili adalah hambatan non-tarif. Kata Kunci: Indonesia, Vanili, Perdagangan Internasional, Ekspor, Amerika Serikat

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional 2024
Depositing User: Drs Iwan Ridwan
Date Deposited: 04 Oct 2024 02:18
Last Modified: 04 Oct 2024 02:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/72021

Actions (login required)

View Item View Item