PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

TONDY HARTANTO, 105060030 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA TENTANG KEBERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (49kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] Text
moto dan persembahan.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
PERNYATAAN.docx
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
ABSTRACT - Tondy Hartanto.docx

Download (14kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.docx
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img] Text
UCAPAN TERIMAKASIH.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR IS1.docx
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (77kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Text
BAB V baru.docx
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yang dilatarbelakangi oleh motivasi siswa dalam pembelajaran kurang. Permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran ini adalah penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai dengan pembelajaran yang dilakukan yang mengakibatkan kurangnya aktivitas dan hasil belajar siswa di bawah KKM 2,66. Pada penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas akan memberikan kesempatan guru menerapkan strategi pembelajaran yang tepat. Subjek tindakan adalah siswa kelas IV SDN Asmi Bandung yang berjumlah 37 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, angket, tes, dan lembar observasi. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, analisis, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang berdampak langsung pada prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Asmi Bandung. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang menunjukkan adanya peningkatan. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat sebanyak 64,7% dari hasil awal 62,1%. Pada siklus II data hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 82,8%. Hal ini dikarenakan penerapan model pembelajaran discovery learning akan membuat peserta didik menemukan sendiri kosep, ide, dan gagasan dalam pembelajaran. Model pembelajaran discovery learning dapat dijadikan suatu alternatif pemecahan masalah pembelajaran, karena model pembelajaran ini mengutamakan proses penemuan untuk memperoleh suatu pengetahuan dan memiliki tahap-tahap yang melatih kemampuan siswa baik pada ranah kognitif, afektif, maupun psikomotor. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning dapat menumbuhkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2014
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 01 Aug 2016 13:06
Last Modified: 01 Aug 2016 13:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7128

Actions (login required)

View Item View Item