PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 035 Soka)

NURRACHMAN ADISTI DIVA, 205060063 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 035 Soka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (942kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (250kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh peserta didik dari suatu tindak belajar pada akhir proses pembelajaran berupa suatu angka yang menentukan berhasil atau tidaknya peserta didik dalam belajar. Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik pada kelas IV SDN 035 Soka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar IPAS peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IV SDN 035 Soka sebanyak 159 peserta didik. Sampel dari penelitian ini yaitu dua kelompok, kelas IV F sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen perlakuan yang diajarkan yaitu berupa menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar. Dalam penelitian ini hasil menunjukan bahwa model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Dapat dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,29 dapat di kategorikan sebagai effect besar. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar berpengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 035 Soka Bandung. Kata kunci: Model pembelajaran RADEC, media kartu gambar, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:00
Last Modified: 03 Oct 2024 03:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71166

Actions (login required)

View Item View Item