NURRACHMAN ADISTI DIVA, 205060063 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC BERBANTUAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS (Penelitian Quasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IV SDN 035 Soka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (942kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (421kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar adalah nilai yang diperoleh peserta didik dari suatu tindak belajar pada akhir proses pembelajaran berupa suatu angka yang menentukan berhasil atau tidaknya peserta didik dalam belajar. Dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPAS peserta didik pada kelas IV SDN 035 Soka. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran proses pembelajaran, mengetahui perbedaan hasil belajar IPAS, dan mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar terhadap hasil belajar IPAS peserta didik Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IV SDN 035 Soka sebanyak 159 peserta didik. Sampel dari penelitian ini yaitu dua kelompok, kelas IV F sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebanyak 27 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen perlakuan yang diajarkan yaitu berupa menggunakan model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar. Dalam penelitian ini hasil menunjukan bahwa model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Dapat dilihat dari hasil uji effect size sebesar 1,29 dapat di kategorikan sebagai effect besar. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran RADEC berbantuan media kartu gambar berpengaruh besar terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 035 Soka Bandung. Kata kunci: Model pembelajaran RADEC, media kartu gambar, hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 03 Oct 2024 03:00 |
Last Modified: | 03 Oct 2024 03:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71166 |
Actions (login required)
View Item |