NANDA KUMALA HAYATI, 115060218 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL ) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
Text
01) COVER benar.docx Download (37kB) |
|
Text
02) lembar pengesahan skripsi.docx Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
|
Text
03)) Motto dan persembahan.docx Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
Text
04) PERNYATAAN.docx Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text
07)) ABSTRAK.docx Download (21kB) |
|
Text
05) KATA PENGANTAR.docx Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
|
Text
06) ucapan terima kasih.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
08) daftar isi.docx Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
|
Text
BAB I acc.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II acc.docx Download (61kB) |
|
Text
BAB III acc.docx Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
BAB IV acc.docx Restricted to Repository staff only Download (292kB) |
|
Text
BAB V. acc.docx Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
|
Text
09) daftar pustaka 2.docx Download (23kB) |
|
Text
10)) RIWAYAT HIDUP.docx Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa pada materi Masalah Sosial SK 2. Mengenal Sumber Daya Alam, Kegiatan Ekonomi Dan Kemajuan Teknologi Di Lingkungan Kabupaten Kota dan Provinsi. KD 2.4 Mengenal Permasalahan Sosial Di Daerahnya, Pada Siswa Kelas IV. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil temuan masalah dalam kegiatan observasi di kelas IV SD Negeri Jatiendah Kabupaten Bandung yang menggambarkan kurangnya sikap percaya diri pada pembelajaran sehari-hari yang menimbulkan kurangnya hasil belajar yang sesuai dengan Kriteria Kelulusan Minimal (KKM). Penulis menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan harapan tercapainya peningkatan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVb SDN Jatiendah Kabupaten Bandung yang berjumlah 25 peserta didik. Alat pengumpul data berupa soal pretes dan postes yang berkaitan dengan materi masalah sosial serta Lembar Kerja kelompok, observasi sikap percaya diri siswa, serta angket. Penghitungan data dilakukan dengan menghitung hasil tes dan nilai afektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 16 siswa 64% siswa dibawah KKM pada siklus I pembelajaran ke-1, selanjutnya pada siklus II pembelajaran ke-2 siswa seluruhnya sebesar 100% siswa mencapai KKM yang di tentukan. Presentase keberhasilan hasil belajar siswa selama penelitian ini sebesar 73,1%. Sikap percaya diri yang dinilai adalah kegiatan berani mengungkapkan pendapat, bertannya, menjawab, dan berpresentasi di depan kelas. Perolehan persentase ketuntasan sikap percaya diri peserta didik 68,6%pada siklus I, selanjutnya ketuntasan peserta didik 78.64% pada siklus II. Presentase keberhasilan sikap percaya diri selama pnelitian sebesar 74,12%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model PBL mampu meningkatkan sikap percaya diri dan hasil belajar siswa. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran untuk diterapkan di kelas. Kata kunci: Problem Based Learning, sikap percaya diri, dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2015 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 30 Jul 2016 18:51 |
Last Modified: | 30 Jul 2016 18:51 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/7113 |
Actions (login required)
View Item |