PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-CONFIDENCE TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI (Survai Pada Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Kelas XI AKL SMK Pasundan 3 Bandung)

PERMATASARI RACHMAAYUNING, 205020070 (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN SELF-CONFIDENCE TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI (Survai Pada Siswa Tahun Ajaran 2023/2024 Kelas XI AKL SMK Pasundan 3 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (573kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (890kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (630kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan selfconfidence terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran komputer akuntansi siswa kelas XI AKL SMK Pasundan 3 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survey dengan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji deskriptif, dan uji hipotesis menggunakan regresi linear berganda, uji parsial, dan uji simultan. Hasil penelitian menunjukan: (i) motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori baik, dengan skor rata-rata sebesar 3,59. (ii) selfconfidence siswa termasuk dalam kategori baik, dengan skor rata-rata sebesar 3,77. (iii) efektivitas pembelajaran siswa termasuk dalam kategori baik, dengan skor rata-rata sebesar 3,72. (iv) secara simultan terdapat pengaruh motivasi belajar dan self-confidence terhadap efektivitas pembelajaran analisis data menunjukkan bahwa Ho di tolak dan Ha diterima. (v) secara persial motivasi belajar memberikan pengaruh terhadap efektivitas pembelajaran dengan nilai signifikan 0,001. (vi) secara persial self-confidence memberika pengaruh terhadap efektivitas pembelajaran dengan nilai signifikan 0,000. Sebagai akhir penelitian, penulis memberikan saran bagi peserta didik yaitu untuk lebih meningkatkan motivasi belajar dan self-confidence untuk mendapatkan hasil yang efektiv pada pembelajaran, saran bagi guru yaitu untuk memperhatikan kembali dan membantu meningkatkan motivasi belajar dan self-confidence agar efektivitas pembelajaran berjalan dengan baik, saran bagi peneliti lain yaitu diharapkan dapat mengkaji dan mencari teori yang lebih banyak sebagai referensi dalan penulisan yang akan berkaitan deng penelitian ini, agar menghasilkan penelitian yang lebih baik lagi. Kata Kunci: Motivasi Belajar, Self-Confidence, Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 07:11
Last Modified: 02 Oct 2024 07:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71098

Actions (login required)

View Item View Item