PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen pada Pembelajaran IPAS)

PUTRI ANDINI OKTAVELIA, 205060043 (2024) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD (Penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen pada Pembelajaran IPAS). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 111 Pindad Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model Discovery Learning berbantuan media ular tangga dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas IV SDN 111 Pindad Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN 111 Pindad Kota Bandung yang berjumlah 54 peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok; kelas IVA (27 peserta didik) sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB (27 peserta didik) sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, analisis menggunakan uji-t dengan bantuan software IBM SPSS statistic 25 menunjukkan sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Peningkatan keterampilan berpikir kritis kemudian dianalisis dengan menggunakan uji N-gain ternormalisasi, dengan hasil 0.53 untuk kelas eksperimen dan 0.40 untuk kelas kontrol. Uji effect size menunjukkan hasil perhitungan data sebesar 1.14, yang diinterpretasikan dengan kategori sangat besar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning berbantuan media ular tangga memiliki peningkatan yang tinggi dan pengaruh yang sangat besar terhadap keterampilan beprikir kritis peserta didik kelas IV SD. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, media ular tangga, model discovery learning

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 06:11
Last Modified: 02 Oct 2024 06:11
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71086

Actions (login required)

View Item View Item