HALIMAH SALWA YUSRIIYAH, 205020016 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 27 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (156kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (257kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (841kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (152kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Metaphorming berbantuan media mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metaphorming adalah sebuah pendekatan inovatif yang mendorong siswa untuk menciptakan metafora sebagai cara untuk memahami konsep-konsep abstrak dan kompleks. Mind mapping, di sisi lain, adalah teknik visual yang membantu siswa untuk mengorganisasikan informasi secara hierarkis dan memahami hubungan antar konsep. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok. Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa yang dibagi ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Metaphorming berbantuan media mind mapping, dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelompok eksperimen sebesar 26,59 dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 13,22. Analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model Metaphorming berbantuan media mind mapping tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik, tetapi juga merangsang kreativitas mereka dalam memecahkan masalah dan menghasilkan ide-ide baru. Selain itu, tanggapan siswa terhadap penggunaan mind mapping dalam pembelajaran juga sangat positif, mereka merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Metaphorming berbantuan media mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, model ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran inovatif di berbagai tingkat pendidikan. Penelitian lanjutan disarankan untuk menguji penerapan model ini pada mata pelajaran lain dan dalam konteks yang berbeda untuk memperkuat temuan ini. Kata Kunci: Metaphorming, Mind Mapping, kemampuan berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 04:43 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 04:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71083 |
Actions (login required)
View Item |