PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 27 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025)

HALIMAH SALWA YUSRIIYAH, 205020016 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAPHORMING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA (Studi Kuasi Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMAN 27 Bandung Semester Ganjil Tahun Ajaran 2024/2025). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan model pembelajaran Metaphorming berbantuan media mind mapping untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metaphorming adalah sebuah pendekatan inovatif yang mendorong siswa untuk menciptakan metafora sebagai cara untuk memahami konsep-konsep abstrak dan kompleks. Mind mapping, di sisi lain, adalah teknik visual yang membantu siswa untuk mengorganisasikan informasi secara hierarkis dan memahami hubungan antar konsep. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest kontrol kelompok. Sampel penelitian terdiri dari 73 siswa yang dibagi ke dalam dua kelompok: kelompok eksperimen yang menggunakan model Metaphorming berbantuan media mind mapping, dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi terhadap pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelompok eksperimen sebesar 26,59 dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 13,22. Analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model Metaphorming berbantuan media mind mapping tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik, tetapi juga merangsang kreativitas mereka dalam memecahkan masalah dan menghasilkan ide-ide baru. Selain itu, tanggapan siswa terhadap penggunaan mind mapping dalam pembelajaran juga sangat positif, mereka merasa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Metaphorming berbantuan media mind mapping efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Dengan demikian, model ini direkomendasikan untuk digunakan sebagai salah satu strategi pembelajaran inovatif di berbagai tingkat pendidikan. Penelitian lanjutan disarankan untuk menguji penerapan model ini pada mata pelajaran lain dan dalam konteks yang berbeda untuk memperkuat temuan ini. Kata Kunci: Metaphorming, Mind Mapping, kemampuan berpikir kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:43
Last Modified: 02 Oct 2024 04:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/71083

Actions (login required)

View Item View Item