PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI PADA GAGASAN UTAMA PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG

PUTRA SETYA NUGRAHA KURNIA, 205030102 (2024) PENERAPAN MODEL KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA GENIALLY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERORIENTASI PADA GAGASAN UTAMA PADA SISWA KELAS X SMK PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (447kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh suatu permasalahan yang telah diteliti. Permasalahan ini terjadi karena terdapat rendahnya kemampuan peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung dalam keterampilan menulis. Hal ini terjadi berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh penulis. Ada beberapa faktor kesulitan yang dialami oleh peserta didik dalam keterampilan menulis yaitu: 1) rendahnya minat peserta didik dalam keterampilan menulis. 2) peserta didik kurang memahami cara membuat teks eksposisi. 3) peserta didik mengalami kesulitan dalam menuangkan ide dan gagasan kedalam sebuah tulisan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta didik dalam menulis teks eksposisi dengan keefektifan model kontekstual berbantuan media genially dalam pembelajaran menulis teks eksposisi. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Pasundan 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mampu menulis teks eksposisi dengan memperhatikan judul, kerangka tulisan, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat. Hal ini didukung dengan nilai rata-rata pretest sebesar 34,95 dan postest sebesar 75,27. Berdasarkan perhitungan statistic dengan signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukan bahwa model kontekstual berbantuan media genially ekeftif digunakan dalam menulis teks eksposisi. Kata kunci: Keterampilan Menulis, Model Kontekstual, Eksposisi, Genially

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:05
Last Modified: 01 Oct 2024 06:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70959

Actions (login required)

View Item View Item