PERLINDUNGAN KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM JUAL BELI ONLINE BERBASIS APLIKASI GRAB KIOS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

MOHAMAD FIRZA ALFARISI ZULFIKAR, 171000267 (2024) PERLINDUNGAN KONSUMEN YANG DIRUGIKAN DALAM JUAL BELI ONLINE BERBASIS APLIKASI GRAB KIOS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A.COVER.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB I.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G.BAB II.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
H.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] Text
I.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] Text
J.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img]
Preview
Text
K.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang tinjauan yuridis terkait perlindungan konsumen dalam jual beli online berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan mengambil studi pada PT Kudo Teknologi Indonesia tentang aplikasi GrabKios. Perlindungan Konsumen dalam jual beli online seharusnya memiliki kepastian dalam melakukan penyelesaian sengketa karena maraknya kasus yang terjadi dalam transaksi antar pelaku usaha dan konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. dengan pendekatan Yuridis Normatif yaitu dilakukan dengan cara meneliti data sekunder sebagai bahan dasar untuk diteliti, Tahap Penelitian yang dilakukan ada tiga tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penulisan laporan. Teknik Pengumpulan Data berupa studi pustaka yaitu dengan pengumpulan data. Alat Pengumpulan Data dengan cara menginventarisasi bahan-bahan hukum berupa catatan yang relevan serta pengambilan data berupa wawancara kemudian dianalisis secara Yuridis Kualitatif yaitu penelitian bertitik dari peraturan yang ada sebagai hukum positif kemudian dianalisis. Pertanggungjawaban yang harus dilakukan oleh Grab Kios adalah Grab Kios harus membayar biaya, bunga dan rugi kepada para konsumen yang dirugikan sesuai dengan Pasal 23 Undang – Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Penyelesaian kerugian konsumen dalam transaksi jual beli online dapat ditempuh konsumen melalui penegakan hukum yang lebih ketat terhadap pelaku usaha yang melanggar hak-hak konsumen. TIM BPKS dan BPKN telah memberikan solusi penyelesaian dalam hal arbitrase serta mediasi. Adapun alternatif utama penyelesaian sengketa adalah melalui hakim di pengadilan dengan gugatan sederhan. Kata Kunci : Perlindungan Konsumen, Wanprestasi, GrabKios

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2024
Depositing User: Lilis Atikah
Date Deposited: 27 Sep 2024 07:58
Last Modified: 27 Sep 2024 07:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70778

Actions (login required)

View Item View Item