PRIWAHYUNI AYUNDA, 205030010 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GOCAR (GUIDED, ORIENTATION, CHALLENGE, ANALYSIS, AND REVIEW) DENGAN BANTUAN MEDIA GOANIMATE PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS REKON KELAS X DI SMAN 16 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER DEPAN.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB II.pdf Download (607kB) | Preview |
|
Text
10. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran GOCAR dengan berbantuan media GoAnimate terhadap hasil belajar peserta didik pada materi teks rekon. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-eksperimental pretest-posttest group design. Sampel penelitian ini adalah 72 peserta didik kelas X yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen menerima pembelajaran teks rekon menggunakan model GOCAR dengan berbantuan media GoAnimate, sedangkan kelompok kontrol menerima pembelajaran teks rekon dengan metode problem based learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran GOCAR dengan berbantuan media GoAnimate lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi teks rekon dibandingkan dengan metode konvensional. Penerapan model pembelajaran GOCAR dengan berbantuan media GoAnimate dalam pembelajaran teks rekon memiliki beberapa kelebihan, yaitu: (1) meningkatkan motivasi dan keaktifan belajar peserta didik, (2) membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran, (3) melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik, (4) meningkatkan hasil belajar peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bagi pendidik untuk menggunakan model pembelajaran GOCAR dengan berbantuan media GoAnimate dalam pembelajaran teks rekon. Model pembelajaran ini dapat membantu pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Model pembelajaran GOCAR, media goanimate, menulis teks rekon
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:32 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70755 |
Actions (login required)
View Item |