RAHAYU ANISA, 205030099 (2024) PENERAPAN METODE VISUALISASI KOLABORASI AKSI (VIKA) BERBANTUAN MEDIA FLASH BERBASIS KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK CERPEN PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PASUNDAN 2 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf Download (507kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRACT.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
8. RINGKESAN.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB I.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB II.pdf Download (260kB) | Preview |
|
Text
12. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
||
Text
13. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (839kB) |
||
Text
14. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
||
|
Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyimak teks cerpen. Penyebabnya adalah kurangnya peserta didik dalam kemampuan menyimak unsur pembangun pada teks cerpen. Penyebabnya adalah kurangnya penerapan metode dan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif oleh pendidik. Salah satu metode pembelajaran yang dapat dijadikan alternatif yaitu metode Visualisasi Kolaborasi Aksi (ViKA). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan metode ViKA dalam meningkatkan kemampuan menyimak unsur pembangun cerpen terhadap peserta didik kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Quasi eksperimental Nonequivalent Control Group Design. Data yang dikumpulkan mencakup hasil pretes dan postes dari peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, yang merupakan peserta didik kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa penulis mampu melaksanakan pembelajaran dengan metode ViKA dengan nilai 3,8. Hasil dari nilai pretes eksperimen dengan nilai rata-rata sebesar 38,08 dan mengalami peningkatan pada hasil postest setelah menerapkan metode tersebut dengan rata-rata sebesar 80,12. Sedangkan nilai rata-rata pretes kontrol sebesar 33,56 dan mengalami peningkatan dengan nilai sebesar 67,8. Sehingga terdapat hasil perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa penerapan metode Visualisasi Kolaborasi Aksi (ViKA) berbantuan media flash berbasis komik dalam pembelajaran menyimak cerpen peserta didik kelas XI SMK Pasundan 2 Bandung berhasil. Kata Kunci: Metode ViKA, Pembelajaran Menyimak Unsur Pembangun Teks Cerpen.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:20 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:20 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70745 |
Actions (login required)
View Item |