PENERAPAN MODEL GENERATIF BERBANTUAN APLIKASI DRAW.IO DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

RISMAWATI FITRI, 205030071 (2024) PENERAPAN MODEL GENERATIF BERBANTUAN APLIKASI DRAW.IO DALAM PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 22 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN_PENGUJI.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB I.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB II.pdf

Download (22MB) | Preview
[img] Text
13. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
14. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)
[img] Text
15. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img]
Preview
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22MB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam menentukan ide dan menyusun kalimat pada pembelajaran, serta media pembelajaran yang kurang inovatif dan bervariatif. Dalam pembelajaran inovatif, metode yang digunakan bukan lagi bersifat monoton seperti metode konvensional atau metode ceramah, melainkan metode yang bersifat fleksibel dan dinamis sehingga dapat memenuhi kebutuhan peserta didik secara keseluruhan. Dari hal tersebut, yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah peserta didik yang kesulitan dalam menentukan ide dan menyusun kalimat pada teks eksplanasi. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan penulis, kemampuan peserta didik, keefektifan penggunaan model pembelajaran generatif dan media Draw.io, serta perbedaan peserta didik dalam mengonstruksi teks eksplanasi. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dipilih dengan teknik purposif pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 22 Bandung yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas eksperimen memiliki nilai ratarata 78,44 dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 73,43. Hasil perhitungan statistik ini menunjukkan terdapat perbedaan selisih nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 5,01. Berdasarkan perhitungan statistik melalui uji mann whitney menjelaskan bahwa pembelajaran mengonstruksi teks eksplanasi menggunakan model generatif berbantuan aplikasi Draw.io memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.003<0.05. Hasil ini membuktikan bahwa model generatif berbantuan aplikasi Draw.io berpengaruh atau efektif digunakan pada pembelajaran mengonstruksi teks eksplanasi. Hasil perhitungan statistik melalui uji wilcoxon menunjukkan bahwa signifikansi pembelajaran mengonstruksi teks eksplanasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0.000<0.05. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif berbantuan aplikasi Draw.io memiliki pengaruh terhadap peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengonstruksi teks eksplanasi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Generatif, Draw.io, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 27 Sep 2024 02:36
Last Modified: 27 Sep 2024 02:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70714

Actions (login required)

View Item View Item