PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS KARYA TULIS ILMIAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 CIKAMPEK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Kholifah Nazah Nur, 205030003 (2024) PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS KARYA TULIS ILMIAH PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 CIKAMPEK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (381kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya keterampilan menulis, memainkan peran penting dalam pendidikan. Namun, peserta didik sering mengalami kesulitan dalam menulis teks karya tulis ilmiah karena kurangnya pemahaman struktur teks dan keterbatasan referensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Resource Based Learning dalam meningkatkan keterampilan menulis teks karya tulis ilmiah di kelas XI SMA Negeri 1 Cikampek. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan dua kelas, kelas eksperimen yang menerapkan Resource Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan metode diskusi. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur kemampuan menulis sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Resource Based Learning secara signifikan meningkatkan keterampilan menulis, dengan nilai rata-rata posttest pada kelompok eksperimen mencapai 72,57, dibandingkan dengan 55,91 pada kelompok kontrol. Uji N-Gain Score menunjukkan peningkatan efektivitas di kelompok eksperimen (55,24%) dibandingkan kelompok kontrol (25,63%). Kata kunci: Resource Based Learning, model pembelajaran, teks karya tulis ilmiah, keterampilan menulis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 26 Sep 2024 08:43
Last Modified: 26 Sep 2024 08:43
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70679

Actions (login required)

View Item View Item