PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Experiment Kelas IV di SD Negeri 017 Sekejati)

AZIZAH, ANANDA NUR, 205060028 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CONCEPT SENTENCE BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuantitatif Quasi Experiment Kelas IV di SD Negeri 017 Sekejati). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (811kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (995kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis karangan narasi peserta didik kelas IV SDN 017 Sekejati Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence berbantuan media Pop-Up Book dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment bentuk non-equivalent control group design. Populasi dan sampelnya adalah peserta didik kelas IVA dan IVB SDN 017 Sekejati. Instrumen yang digunakan meliputi tes dan non tes, tes yang diberikan berupa tes keterampilan menulis karangan narasi, sedangkan non tes berupa observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan untuk mengolah data penelitian adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis uji gain ternormalisasi dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan gambaran pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, lancar dan efektif. Data hasil perolehan nilai rata-rata pretes mengalami peningkatan sebesar 41%, dengan nilai rata-rata pretes sebesar 64,25 meningkat menjadi 79.11 pada postes. Perolehan hasil uji hipotesis menunjukkan data Independent Sample T Test sebesar 0.027 dan 0.031 pada data pretes dan postes yang artinya terdapat perbedaan keterampilan menulis karangan narasi antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence berbantuan media Pop-Up Book dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kemudian hasil N-gain memperoleh indeks gain sebesar 0.41 dikategorikan sedang, dan nilai effect size sebesar 0,6 dengan kategori besar. Berdasarkan hasil dari uji data tersebut dapat disimpulkan bahwa, model pembelajaran kooperatif tipe Concept Sentence berbantuan media Pop-Up Book berpengaruh besar dan mampu meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi peserta didik di Sekolah Dasar. Kata Kunci: keterampilan menulis karangan narasi, model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence, pop-up book

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 25 Sep 2024 03:08
Last Modified: 25 Sep 2024 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70554

Actions (login required)

View Item View Item