PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS IV SDN DANGDEUR

Charla Putri Dwi, 205060166 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KARAKTER NASIONALISME SISWA KELAS IV SDN DANGDEUR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN DAN PENGUJI.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar karakter Nasionalisme siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi Youtube dibandingkan dengan siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional serta mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media Youtube terhadap peningkatan hasil belajar karakter Nasionalisme siswa di kelas IV SDN Dangdeur, Kabupaten Cianjur. Kurangnya penguasaan guru terhadap media pembelajaran yang lebih efektif, sehingga masih banyak penggunaan media pembelajaran tradisional serta rendahnya karakter nasionalisme siswa yang tercermin dalam partisipasi kegiatan seperti upacara bendera, di mana siswa sering tidak menghadiri atau tidak terlibat aktif, tidak mengikuti protokol upacara dengan benar dan kurang menghormati simbol-simbol negara seperti bendera dan lagu kebangsaan menjadi latar belakang dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen (Quasi Experiment). Sampel yang dipilih adalah kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Tes terdiri dari pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan observasi digunakan untuk menilai karakter nasionalisme siswa. Analisis data menggunakan uji-t berdasarkan nilai pretest dan posttest dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengolahan data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji independent t-test, menggunakan aplikasi IBM SPSS versi 25 untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara kelas IVA (kontrol) dan kelas IVB (eksperimen), serta uji N-gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan uji effect size untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis aplikasi Youtube terhadap hasil belajar karakter nasionalisme siswa. Kata kunci: Youtube, Karakter Nasinalisme, Eksperimen Kuasi, Hasil Pembelajaran, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 24 Sep 2024 06:19
Last Modified: 24 Sep 2024 06:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70531

Actions (login required)

View Item View Item