PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas X IPS di SMAN 15 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024)

Sari Elsa Maya Sekar, 175020117 (2024) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA (Survei Pada Siswa Kelas X IPS di SMAN 15 Bandung Tahun Ajaran 2023/2024). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESHAAN.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa di SMAN 15 Bandung. Penelitian ini menggunakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling menggunakan Probability sampling, dengan cara simple random sampling. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya secara simultan mempunyai kontribusi pengaruh terhadap Minat Belajar Siswa dengan koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 62,7%. Kontribusi pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Minat Belajar Siswa adalah sebesar 61,6% dan kontribusi pengaruh Teman Sebaya terhadap Minat Belajar Siswa adalah sebesar 1,1%%. Sisanya 37.3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Maka Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya berpengaruh terhadap Minat Belajar Siswa secara simultan maupun secara parsial. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Minat Belajar Siswa, dibuktikan dengan hasil Uji-F sebesar 0,959 yang masuk pada kategori sangat kuat. Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Minat Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:09
Last Modified: 23 Sep 2024 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70490

Actions (login required)

View Item View Item