KAJIAN EKRANISASI DARI NOVEL GADIS KRETEK KE FILM SERIAL GADIS KRETEK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR UNTUK TINGKAT SMA FASE E

SANTOSO, BUDI, 205030043 (2024) KAJIAN EKRANISASI DARI NOVEL GADIS KRETEK KE FILM SERIAL GADIS KRETEK SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR UNTUK TINGKAT SMA FASE E. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan kepada kajian ekranisasi dari novel Gadis Kretek ke film serial Gadis Kretek. Dilatarbelakangi oleh kemunculan karya-karya ekranisasi yang dapat direlevansikan dengan Tujuan Pembelajaran Kurikulum Merdeka mengalihwahanakan satu teks ke teks yang lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu, mengkaji mengkaji proses ekranisasi dari novel Gadis Kretek ke bentuk film serial Gadis Kretek, mendeskripsikan relevansi ekranisasi dengan pembelajaran mengalihwahanakan satu teks ke teks yang lain untuk tujuan ekonomi kreatif, dan menjadikan hasil kajian ekranisasi dapat dijadikan suatu alternatif bahan ajar untuk tingkat SMA Fase E. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu novel Gadis Kretek dan film serial Gadis Kretek. Hasil dari kajian tersebut, ditemukan bahwa telah terjadi proses ekranisasi terhadap film serial Gadis Kretek dengan terdapatnya aspek penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi terhadap alur, tokoh, dan latar. Perbandingan tersebut terlihat dengan adanya 156 perubahan alur keseluruhan cerita dalam novel ke film, 30 perubahan tokoh keseluruhan dalam novel ke film, dan 27 perubahan latar keseluruhan dalam novel ke film. Untuk data yang lebih terperinci dari 156 perubahan alur, terjadi 55 berupa penciutan alur, 82 berupa penambahan alur, dan 19 perubahan bervariasi alur. Kemudian untuk data 30 perubahan tokoh, terjadi 17 penciutan tokoh, 8 penambahan tokoh, dan 5 perubahan bervariasi terhadap tokoh. Adapula yang terakhir data lengkap dari 27 perubahan latar, terjadi 14 penciutan latar, 11 penambahan latar, dan 2 perubahan bervariasi terhadap latar. Fakta tersebut menunjukkan telah terjadinya proses ekranisasi novel Gadis Kretek yang telah menyebabkan perubahan terhadap kuantitas satuan cerita. Proses ekranisasi juga memiliki relevansi yang cukup erat dengan Tujuan Pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka, mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif, karena keduanya melibatkan perpindahan dari karya satu ke karya lain (film). Adapula hasil kajian ekranisasi dapat dijadikan bahan ajar untuk tingkat SMA Fase E, yang berbentuk LKPD digital melalui aplikasi Wizer.Me. Maka Kajian Ekranisasi dari Novel Gadis Kretek ke Film Serial Gadis Kretek Sebagai Alternatif Bahan Ajar untuk Tingkat SMA Fase E, menunjukan keberhasilan. Kata Kunci: Bahan Ajar, Ekranisasi, Novel dan Film Gadis Kretek.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 21 Sep 2024 06:05
Last Modified: 21 Sep 2024 06:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70419

Actions (login required)

View Item View Item