Herawan, Rama, 205030062 (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, EVIRONMENT, TECNOLOGY, SOCIETY) BERBANTUAN MEDIA MICROSOFT SWAY DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS ARTIKEL BERORIENTASI PADA BERPIKIR KRITIS KELAS XI DI SMA SUMATRA 40 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak Indonesia.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstrak Inggris.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak Sunda.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
11. Bab I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
12. Bab II.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
13. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
14. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
Text
15. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui keefektifan model pembelajaran SETS berbantuan media Microsoftsway pada hasil belajar peserta didik tentang teks Artikel/Karya Ilmiah berorientasi pada berpikir kritis. Metode yang digunakan kuantitatif yaitu desain quasi-eksperimental pretest-posttest group design. Sampel pada penelitian adalah 68 peserta didik di kelas XI dibagii menjadi dua kelas, kelas eksperimen, yaitu XI IPA 2 dan kelas kontrol, yaitu XI IPA 1. Kelas eksperimen menerima pembelajaran teks artikel/karya ilmiah menggunakan model SETS dengan berbantuan media Microsoftsway, sedangkan kelas kontrol menerima pembelajaran teks artikel/karya ilmiah dengan metode ceramah berbantuan media power point. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran pada kelas eksperimen XI IPA 2 dan kelas kontrol XI IPA 1.Menunjukkan model pembelajaran SETS dengan berbantuan media Microsoftsway lebih terlihat keefektifannya pada hasil belajar peserta didik materi teks Artikel/Karya Ilmiah dibandingkan dengan metode ceramah berbantuan media power point. Penerapan model pembelajaran SETS dengan berbantuan media Microsoftsway dalam pembelajaran teks artikel/karya ilmiah berorientasi pada berpikir kritis ada beberapa kelebihan, yaitu: (1) melatih peserta didik berpikir kritis, (2) dapat memahami materi pelajaran, (3) meningkatkan keterampilan menulis peserta didik. Temuan ini memberikan implikasi bagi peneliti untuk menggunakan model pembelajaran SETS berbantuan media Microsoftsway dalam pembelajaran teks artikel/karya ilmiah berorientasi pada berpikir kritis. Model pembelajaran ini dapat membantu pendidik dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan keterampilan menulis peserta didik. Kata kunci: Model pembelajaran SETS, media Microsoftsway, menulis teks artikel/karya ilmiah, berorientasi berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024 |
Depositing User: | E. Nurhayati Djaroni |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 07:57 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 07:57 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70395 |
Actions (login required)
View Item |