PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CLASSDOJO

AULIA NOVA AYU, 205050052 (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN CLASSDOJO. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan ClassDojo lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 2) Self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantaun ClassDojo lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa; 3) korelasi antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantaun ClassDojo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Rancaekek tahun pelajaran 2023-2024 dengan sampel sebanyak dua kelas yaitu kelas XI Mipa 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem-Based Learning berbantuan ClassDojo dan XI Mipa 5 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran biasa dengan masing-masing kelas berjumlah 35 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket selfefficacy yang telah memenuhi kriteria keadaan soal. Data hasil penelitian diolah dan dianalisis menggunakan program IBM SPSS Statistic 27 for windows. Hasil penelitian menunjukan: 1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantun ClassDojo lebih tinggi daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa, 2) Self-efficacy peserta didik yang memperoleh model Problem-Based Learning berbantuan ClassDojo lebih baik daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran biasa, 3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy yang memperoleh model Problem-Based Learning dengan koefisien korelasi dari sampel r = 0,969 yang artinya korelasi berada dalam kategori tinggi. Kata Kunci: Problem-Based Learning, pemecahan masalah, self-efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 19 Sep 2024 06:24
Last Modified: 19 Sep 2024 06:24
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70283

Actions (login required)

View Item View Item