PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI MATEMATIKA SD (Penelitian Quasi Eksperimen Materi Pecahan Untuk Peserta Didik Kelas IV)

Apriliani, Evi Nur, 205060031 (2024) PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI MATEMATIKA SD (Penelitian Quasi Eksperimen Materi Pecahan Untuk Peserta Didik Kelas IV). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan karakter disiplin peserta didik, karena selama proses pembelajaran matematika guru hanya menyampaikan materi sesuai alur penyajian yang ada pada buku, sementara tugas peserta didik mendengarkan dan mencatat, lalu mengerjakan latihan soal. Pentingnya penguatan karakter disiplin didasari karena banyaknya perilaku menyimpang yang sudah melanggar norma kedisiplinan yang berlaku dimasyarakat, maka dari itu penggunaan pendekatan Realistic Mathematics Education bisa menjadi alternatif bagi guru dan peserta didik untuk mengeksplorasi pembelajaran matematika dengan tujuan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter disiplin peserta didik di SDN Leuwilayung. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design, dengan subjek yaitu kelas IVA dan IVB dengan total 50 peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep yaitu berupa tes soal uraian sedangkan untuk mengetahui peningkatan karakter disiplin dilakukan dengan non tes yaitu lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen memperoleh rata-rata pretest 54,00 dan posttest 82,60, sedangkan di kelas kontrol memperoleh rata-rata pretest 56,00 dan posttest 61,20. Kemudian nilai karakter disiplin kelas eksperimen pertemuan 1 mendapatkan rata-rata 78,00 meningkat sampai pertemuan 3 menjadi 91,20. Sedangkan di kelas kontrol pada pertemuan 1 sebesar 77,20 hingga pertemuan 3 sebesar 78,40. Dari hasil hipotesis data kemampuan pemahaman konsep menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,5, dan karakter disiplin menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep dan karakter disiplin peserta didik yang menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education dengan peserta didik yang menggunakan pembelajaran konvensional. Saat dilakukan uji effect size dihasilkan data kemampuan pemahaman konsep 1,368 > 0,8 dan data karakter disiplin 0,912 > 0,8. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Realistic Mathematics Education dalam penelitian ini berpengaruh sangat besar terhadap kemampuan pemahaman konsep dan karakter disiplin peserta didik kelas IV SDN Leuwilayung. Kata Kunci : Realistic Mathematics Education, kemampuan pemahaman konsep, karakter disiplin.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 17 Sep 2024 07:06
Last Modified: 18 Sep 2024 08:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70172

Actions (login required)

View Item View Item