PENERAPAN METODE NATURE LEARNINGDALAMMENULIS TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIKKELASXSMK PAHLAWAN TOHA BANDUNG BERORIENTASI PADAPENGIMAJIAN MENULIS PUISI

Rindiani Dian Mitami, 205030098 (2024) PENERAPAN METODE NATURE LEARNINGDALAMMENULIS TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIKKELASXSMK PAHLAWAN TOHA BANDUNG BERORIENTASI PADAPENGIMAJIAN MENULIS PUISI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER DEPAN.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
10. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (157kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalammenulis teks puisi. Hal ini disebabkan karena pendidik kurang kreatif dan inovatif dalam pemilihan metode pembelajaran untuk menulis. Sehingga menyebabkanpeserta didik kurang mampu mengembangkan sebuah ide, dan imajinasi kreatifnya serta merasa bosan saat pembelajaran menulis teks puisi. Rumusanmasalah yang disusun oleh penulis yaitu kemampuan penulis dalammerencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi, kemampuan menulis teks puisi menggunakan metode Nature Learning sebelum dan sesudah menggunakanmetode Nature Learning, dan efekifkah metode Nature Learning dalammenulisteks puisi. Tujuan penelitian ini diantaranya untuk menguji penulis dalammerencanakan, melaksanakan, menerapkan, dan mengevaluasi metode NatureLearning dalam menulis teks puisi, menguji perbedaan kemampuan peserta didiksebelum dan setelah menggunakan metode Nature Learning, dan untukmengetahui apakah metode Nature Learning efektif digunakan dalammenulisteks puisi. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknikpengumpulan data berupa observasi, tes, dan uji coba. Objek penelitian ini adalahpeserta didik kelas X SMK Pahlawan Toha Bandung jurusan Akuntasi. Denganmenggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang penulis peroleh menunjukkan bahwa kemampuan menulis tekspuisi peserta didik kelas X SMK Pahlawan Toha Bandung berada di kategori baik. Hal ini didukung oleh data hasil rata-rata pretes sebesar 46,6 dan postes sebesar 83,3. Dengan demikian, metode Nature Learning efektif digunakan untukmeningkatkan kemampuan menulis teks puisi. Selain itu, metode Nature Learningsignifikansi dalam meningkatkan kemampuan menulis teks puisi, hal ini dibuktikan Berdasarkan hasil perhitungan statistik menggunakan Uji MannWhitney-U yang menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. 0,000 > 0,05. Berdasarkanhasil penelitian, metode Nature Learning efektif dan dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis teks puisi di kelas X kompetensi keahlianAkuntansi. Kata Kunci : Metode pembelajaran, Nature Learning, menulis, teks puisi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 14 Sep 2024 03:17
Last Modified: 14 Sep 2024 03:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70120

Actions (login required)

View Item View Item