PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 3 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERPEN BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL

Nurjanah Mira Siti, 205030005 (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAB 3 KELAS XI DALAM PEMBELAJARAN TEKS CERPEN BERDASARKAN INDEKS KEPADATAN LEKSIKAL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan dan Penguji.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstrak.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB 2.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
9. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img]
Preview
Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas tentang masalah-masalah yang dihadapi dalam penggunaan bahasa dan pembelajaran Bahasa Indonesia. Peserta didik masih mengalami hambatan dalam memahami materi pada bahan ajar, karena penggunaan kalimat dan bahasa yang sangat kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Bab 3 kelas XI dalam pembelajaran teks cerpen berdasarkan indeks kepadatan leksikal dengan menggunakan teori Halliday (1985). Pengembangan bahan ajar ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran teks cerpen dengan menggunakan kalimat dan bahasa yang lebih simpleks dan mudah dipahami oleh peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono (2010) yaitu 4-D. Bahan ajar yang dikembangkan adalah buku “Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas XI” dengan pengembangan menggunakan teori Halliday (1985). Hasil penelitian ini ditemukan bahwa bahan ajar teks cerpen yang telah dikembangkan memiliki angka indeks kepadatan leksikal sebesar 6,1 (dalam teori Halliday termasuk kategori sedang) dibandingkan dengan bahan ajar versi orisinal sebesar 7,8 (berkategori tinggi). Hal ini menunjukkan, bahwa bahan ajar versi pengembangan mengalami penurunan indeks kepadatan leksikal sebesar 1,7% dari bahan ajar orisinal, yang dilakukan dengan menyederhanakan penggunaan bahasa dan kalimat sehingga bahan ajar yang telah dikembangkan lebih mudah dipahami oleh peserta didik. Dengan demikian, pengembangan bahan ajar tersebut lebih efektif dan dapat dijadikan sebagai solusi untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam memahami teks cerpen serta meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI di SMA. Kata Kunci: pengembangan bahan ajar, indeks kepadatan leksikal, teks cerpen.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2024
Depositing User: E. Nurhayati Djaroni
Date Deposited: 13 Sep 2024 03:14
Last Modified: 13 Sep 2024 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/70058

Actions (login required)

View Item View Item